Minggu, 15 Oktober 2017

AnekaObat-obatanUntukAnak


AnekaObat-obatanUntukAnak


Penurunpanas, batuk, danpilek

Parutbawangmerah, tambahkanminyaktelon, lalubalurkanpadapunggungsampaibagianpantatsambilsedikitdiurut. Jugapusardanubun-ubun.

Untukramuanminum:

air kelapasatucangkirditambah 1 sendoktehmadu, aduk, lalu kukus. Setelahdingin, berikanpadaanaksebanyak 3 sendoktehsetiap 2 jam sekali. Ramuaninidiberikanuntukbayi 8 bulankeatas. Bilausiaanak di bawah 8 bulan, cukupdenganpemberian ASI atauibunya yang minumramuantersebut.

Padaanak yang agakbesar, gunakanramuanminumberupa air kunyitdanmadu. Setengahsampaisaturuasjarikunyit yang sudahbersihdibakar, dikerikkulitnya, diparut, laludiberi air matang ½ cangkir, peras, kemudiandiendapkan. Campurbagian air kunyit yang tanpaendapandengankocokan 1 butirkuningtelurdan 1 sendokmakanmadu, kemudiandisuapkanpadaanak. Ramuaninibisauntukpenurunpanassepertipadasakitcacar air, flu, Atauapasaja.

Perutkembung

Parutbawangmerahdantambahkanminyaktelon. Kemudiantapelkanbawang Yang sudahdiparuttersebut di bagianpusar. Bisajuga, gunakandaunjarakpagar yang dihangatkan. Olesidenganminyakkelapa, pilin-pilin, lalutempelkanpadapusarsikecil.

Diare

Sediakan 1/2 jarikunyit yang sudahbersihdibakar, dipotong-potong, 7 pucukdaunjambubiji, air 2 gelas, dangaram 1/4 sendokteh, rebus denganapikecil. Minumairnya, 1 sendoktehsatu jam Sekali. untukmengusir gas, makapusarnyaditapelidenganparutanbawangmerah yang sudahdiberiminyaktelon. Untukanak yang sudahagakbesar, bolehjugadenganmengunyahhaluspucukdaunjambuklutuk yang sudahbersihditambahgaramlaluditelan.

Muntah-muntah

Muntahbisadisebabkanperutmualataukembung. Sediakan 1/2 sendok the ketumbar, 3 butirkapulaga, 5 butiradashitam, dan air setengahgelas. Kemudiandirebus. Setelahdingin, berikankeanaksedikit-sedikit.

KEBERSIHAN OBAT

Dalammeramuobat-obatan, sudahtentuharusdiperhatikansegikebersihannya. Tanamanobat yang akandigunakansebaiknyadicucidengan air matang. Baikbahan-bahanobatmaupunperlengkapan yang akandigunakan, hendaknyadicucibersihdantidakberkarat. Begitujugakain yang dipakaiuntukmemerasataumenyaringnya. Hal inidimaksudkanuntukmenghindariadanyakotorancacing, bakteri, virus, ataukotorantikus yang menempeldandapatmenyebabkanpenyakit leptospirosis.

Sementaratakarannya, untukanakdapatdiperkirakansendiri. MenurutEndah,orangtuapastipunyainstinguntukitu. Misalnya,untukmembalurbadananak yang masihkecil, cukupgunakansatusiungbawangmerahsaja. Kalauanaknyasudahbesar, sediakanduasiungbawang. Begitu pun untukdosis yang diminum, untukmembuatramuandosisanak, cukupkira-kira ½ atau 1 ruasjariuntukkunyitataujahe. "Semakinbesarusiaanak, tentudosisnyasemakinbesar. Semuaharusdikira-kirasendiridenganukuranalami, takbisasepertiDosisdokterdenganmiligramataumililiterekstrakobat."

Memang, akunya, ramuan yang terbuatdaritumbuh-tumbuhanjugapunyaDampak yang cukupberbahayabiladosisnyaberlebihan, sepertitimbulnya rasa mual, muntah, pusing, diare, dan lain-lain. Begitu pun biladosisnyaterlalusedikit, bisatidakefektifdan lama sembuhnya. "Jadi, bilatakyakinpadaukuranramuannya, lebihamantanyakankepadaahlinyaatau yang sudahberpengalaman. Bisajugaberpatokanpadabuku-bukuramuan."

Ramuantradisionalinicukupefektifuntukmengobatipenyakitanak, terutama yang ringan-ringan, sepertipilek, panas, diare, masukangin, danlainnya. "Namundengancatatan, biladalamwaktu 3 haritakadagejalamembaik, makatetapharusmembawanyakedokter."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar